Kamis, 10 Januari 2013


Universitas Widya Dharma Klaten 




Jl. Ki Hajar Dewantara , Klaten 57401, Jateng
Telepon: (0272)322363, Fax: (0272)322363, Website: http://www.unwidha.ac.id, Email: info@unwidha.ac.id
Berdiri: 1994-12-19Sejar

/D/T/2008.


Sejarah singkat


Kampus Universitas Widya Dharma Klaten terletak di Jl. Ki. Hajar Dewantoro,Klaten Utara
, Klaten (Jalan Raya Klaten-Solo Km-3) menempati lahan seluas 7,5 ha dengan luas bangunan +/- 5.500 m2. Pada awalnya Universitas Widya Dharma Klaten adalah Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) YP yang didirikan sejak tahun 1969, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dinamis dan terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maka sejak tahun 1994 berubah bentuk menjadi Universitas Widya Dharma Klaten yang mendapat ijin penyelenggaraan dari Menteri Pendidikan Nasional RI dengan SK Menteri No. 104/D/Q/1994 tanggal 19 Desember 1994.
Pada tahun 2006 mengembangkan Pendidikan Pascasarjana Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 1885 tanggal 7 juni 2006, dan perpanjangan ulang ijin penyelenggaraan berdasarkan SK Dikti Nomor: 4154/D/T/2008.




Visi dan Misi
VISI
  "Menjadi universitas yang handal dalam menyelengggarakan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam berbagai bidang kependidikan, ekonomi, teknologi dan teknik serta menjadi pusat pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) dan pembangunan masyarakat di berbagai bidang".

MISI
  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dalam berbagai bidang pengetahuan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya indonesia, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang berwawasan luas, mampu bersaing di bidangnya dan terserap dalam pasar kerja.
  2. Menjadi universitas yang memiliki iklik kondusif dan dinamis yang mampu mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya sosial, spiritual dan religi, memiliki pengelolaan yang efisien dan produktif dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.
  3. Menyebarkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), pengembangan wilayah dan nasional demi terwujudnya kesejahteraan bangsa.
  4. Meningkatkan kemampuan universitas meliputi: sistem, organisasi, manajemen dan sumberdaya manusia sebagai pusat informasi kependidikan dan non kependidikan melalui jaringan informasi dan publikasi.


STRUKTUR ORGANISASI

Rektor : Drs. Sumagana, M.Si
Pemb. Rektor Bidang Akademik : Prof. Dr. H. Triyono, M.Pd
Pemb.Rektor Bidang Adm & Keuangan : Drs. Sriwiyanta,M.Kom
Pemb. Rektor Bidang Kemahasiswaan : Drs. H. Suhud Eko Yuwono. M.Hum



KEUNGGULAN


Kepercayaan dari masyarakat khususnya di kabupaten Klaten terus mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh indikator animo calon mahasiswa yaitu jumlah pendaftar mahasiswa baru di Universitas Widya Dharma Klaten  mengalami trend kenaikan dari tahun ke tahun. Sampai dengan tahun 2012 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 4.292 mahasiswa. Kecenderungan kenaikan jumlah mahasiswa ini di dorong oleh proses pembelajaran yang baik, jurusan/program studi telah terakreditasi dan lulusan sebagian besar telah bekerja.
Seiring dengan perubahan perundang-undangan di bidang pendidikan di Indonesia, maka berlangsung pula perubahan berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, mulai dari paradigma pendidikan, substansi pendidikan, proses pembelajaran, evaluasi pendidikan, sampai pengawasan penyelenggaraan pendidikan.
 Sejak berdirinya Universitas Widya Dharma Klaten jumlah lulusan yang dihasilkan sebanyak 21.746 orang alumni yang terdiri atas: 380 lulusan Magister Pendidikan (S-2), 642 orang lulusan Sarjana Muda, 18.457 orang lulusan Sarjana (S-1),266 orang lulusan Ahli Madya Diploma-III dan 1.989 orang lulusan Program Akta Mengajar-IV, sebagian besar lulusan berprofesi sebagai guru, hal ini menunjukkan bahwa keunggulan  Universitas Widya Dharma Klaten adalah mencetak tenaga kependidikan, disampaing juga mencetak tenaga ahli lainnya dibidang ekonomi, keteknikan dan komputer.
Proses belajar mengajar telah dilakukan pengendalian  dan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan  Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED), sedangkan pengendalian eksternal dilakukan melalui Akreditasi oleh BAN-PT. Di bidang Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat pada saat ini terdapat beberapa penelitian yang dibiayai oleh Kopertis VI maupun DP2M Dikti.
Program PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan pada tahun 2009 ini terdapat 13 Penelitian Mahasiswa yang dibiayai oleh DP2M Dikti). Dalam Program PKMM (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat pada tahun 2009 ini terdapat 9 Penelitian Mahasiswa serta Penelitian Mahasiswa Program PKMT (Program Kreativitas Penerapan Teknologi) yang dibiayai oleh DP2M Dikti.
 Bulan Juli 2010 Mahasiswa Unwidha telah berhasil kompetisi dalam program “Wawasan Kebangsaan”  yang diselenggaran Dikti Direktorat Kemahasiswaa  yang akan dikirim ke Turki. Program pengembangan lain yaitu peningkatan kompetensi dosen melalui seminar/workshop dan publikasi ilmiah oleh sebagai instruktur, nara sumber dan penyaji makalah tingkat nasional dan internasional.
Sampai dengan tahun 2012 Universitas Widya Dharma Klaten telah memperoleh hibah PHK-A1 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (2005-2006), hibah peralatan untuk Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Sipil (2005), hibah Peningkatan Mutu Pendidikan (2006), dan hibah Laboratorium Mikro Teaching (2008), hibah Kewirausahaan (2009), Program Hibah PHP-PTS (2010) dan Program Hibah PHP-PTS (2011).




Program Jurusan UNWIDHA (Universitas Widya Dharma)

UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

  • Jenis Perguruan Tinggi : Swasta
    A l a m a t : Jl. Ki Hadjar Dewantoro, Klaten Utara, Jawa Tengah
    Telepon : (0272) 22363
    • Sejarah Singkat
    • Tanggal Berdiri : 13 Agustus 1965
    • Pendiri : Yayasan Pendidikan Klaten
    • Profil
    • Jumlah Mahasiswa : + 3.000
    • Jumlah Dosen Tetap : 97
    • Jumlah Dosen Lulusan S2 : -
    • Jumlah Dosen Lulusan S3 : 25
    • Luas Kampus : 15.000 m2
    • Koleksi Perpustakaan : 8.074 judul, 22.275 eksemplar
Program Studi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiai:
- Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1-Terakreditasi-B-1998)
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial:
- Program Studi Pendidikan Geografi (S1-Terakreditasi-C-1998)
ñ Program Studi Pendidikan Moral Pancasia dan Kewarganegaraan (S1-Terakreditasi-C-1998)
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris:
- Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1- Terakreditasi-C-1998)
Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam:
- Program Studi Pendidikan Matematika (S1-Terakreditasi-C-1998)
ñ Program Studi Pendidikan Fisika (D3- Terdaftar-1994)
Jurusan Pendidikan Biologi:
- Program Studi Biologi (D3-Terdaftar-1992)

Fakultas Ekonomi:
Jurusan Manajemen:
- Program Studi Manajemen (S1- Terdaftar-1994)
- Program Studi Manajemen Pemasaran (D3- Terdaftar-1998)
Jurusan Akuntansi:
- Program Studi Akuntansi (S1-Terdaftar-1994)


Fakultas Teknologi Pertanian
Jurusan Teknologi Pertanian:
- Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (S1-Terdaftar-1994)

Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Elektro:
- Program Studi Teknik Elektro (S1-Terdaftar-1998; D3-Terdaftar-1994)
- Program Studi Manajemen Informatika (D3-Terdaftar-1998)


 FASILITAS DI UNWIDHA

fasilitas yang tersedia berupa fasilitas fisik dan layanan yang mudah cepat dan
 baik diantaranya ynag berupa :
  1. Hotspot Area
  2. Laboraturium Internet
  3. Laboratorium Computer Network dan Security (CNS)
  4. Laboratorium Arsitektur Komputer
  5. Laboratorium Komputer Dasar
  6. Laboratorium Mikroprosesor
  7. Laboratorium Bahasa
  8. Sistem Informasi nilai online
  9. Perpustakaan dengan layanan internet
  10. Beasiswa dari YPI Klayen Depdiknas (PPA,BBM,BBPM),ADB, Supersenar,dll.


1. Laboratorium Fakultas
LABORATORIUM FAKULTAS

Laboratorium Komputer
Di dalam Laboratorium Komputer yang luasnya ± 50 m2 mahasiswa dan dosen dapat melatih ketramplian dalam bahasa pemrograman, antarmuka komputer, menggambar teknik elektro, tidak hanya berlatih mengoperasikan komputer tetapi juga bisa mengakses informasi melalui jaringan internet. Dengan demikian, dosen dan mahasiswa bisa mendapatkan referensi untuk mengajar dan mengadakan kegiatan-kegiatan lainnya.

Laboratorium Elektronika & Digital
Laboratorium Elektronika & Digital dengan luas ± 80 m2 memungkinkan mahasiswa melatih diri untuk meningkatkan ketrampilan dalam bidang elektronika, digital, sistem telekomunikasi, sistem mikroprosessor, teknik audio video. Laboratorium ini dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum dan perancangan baik untuk mata kuliah maupun digunakan oleh dosen maupun mahasiswa untuk penelitian.

Laboratorium Bahasa
Laboratorium Bahasa yang luasnya ± 84 m2merupakan tempat pembelajaran bahasa Inggris yang representatif. Di dalam Laboratorium Bahasa mahasiswa dan Dosen dapat melatih ketrampilan berbahasa dengan fasilitas master, booth yang jumlahnya 40, TV, VCD, loudspeaker luar, dan beberapa perangkat lunak berupa kaset dan VCD/CD menurut kebutuhan dosen dan mahasiswa.

Laboratorium Sistem Tenaga Listrik
Laboratorium Sistem Tenaga Listrik yang luasnya ±80 m2 merupakan tempat pembelajaran praktek yang representatif. Di dalam Laboratorium Sistem Tenaga Listrik mahasiswa dan dosen dapat melatih ketrampilan dalam bidang Instalasi Listrik Penerangan, Instalasi Mesin Mesin Listrik, Mesin-mesin Listrik, Automasi Industri dan Proteksi Listrik. Laboratorium ini selain digunakan untuk perkuliahan praktikum juga digunakan dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

2. Sarana dan Prasarana 

A. Ketersediaan Prasarana

Universitas Widya Dharma Klaten saat ini memiliki tanah seluas 25.755 m² terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara. Sebagian lagi ada di wilayah Klaten bagian selatan, yaitu perbatasan antara Klaten dan Yogyakarta. Status tanah dan bangunan adalah milik Yayasan Pendidikan Indonesia.
Kampus berada di wlayah kota, terletak di antara dua pusat kebudayaan (Yogyakarta dan Surakarta) yang mempunyai jalur komunikasi dan transportasi yang baik dan lancar memungkinkan arus mahasiswa menjangkau kampus dengan mudah, baik dari dalam maupun luar daerah, dengan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi. Jumlah dan kepadatan penduduk di Kabupaten Klaten termasuk tinggi, yaitu mencapai kurang lebih 2000 orang per kilometer persegi.

   B. Bangunan

Bangunan yang dimiliki Universutas Widya Dharma Klaten saat ini berupa:
a.  Salah satu unit gedung berlantai dua dengan luas bangunan 1.294 m² yang dipergunakan unytuk ruang Rektor, ruang Pembantu Rektor, Ruang kantor Biro Administrasi Umum dan Keuangan. Sedangkan lantai dua digunakan untuk Auditorium.
b.  Satu unit gedung berlantai dua dengan luas bangunan 1.440 m² dipergunakan untuk ruang Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ruang Staf Jurusan/Progam Studi, ruang Dosen, ruang kuliah, ruang Perpustakaan Jurusan dan Laboraturium serta ruang Biro Administrasi akademik dan Kemahasiswaan.
c.  Satu Unit gedung seluas 1.350 m² berlantai tiga digunakan untuk ruang Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Ekonomi, ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan Manajemen, ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan akuntansi, ruang DosenFakultas Ekonomi, ruang Admiinistrasai Fakultas Ekonomi, ruang UPT Komputer, Laboraturium Komputer dan ruang kuliah.
d. Satu unit bangunan seluas 1116 m² berlantai tiga untuk ruang Perpustakaan, ruang baca Perpustakaan Universitas, ruang Laboraturium Teknik Elektro, Kantor Yayasan Pendidikan Indonesia, kantor Resimen Mahasiswa dan ruang Siaran Radio Swara Unwidha.
e.  Satu unit bangunan seluas 144 m² untuk ruang Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian dan ruang Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian.
f.   Satu unit bangunan seluas 1740 m² berlantai tiga dipergunakan untuk ruang Dekan Fasilitas Psikolagi, ruang Pembantu Dekan Fakultas Psikolosgi, ruang Ketua dan Sekretaris Jurusan Psikologi, dan rencan untuk Progam Pascasarjana.
g.  Satu unit gedung seluas 800 m² berlantai dua dipergunakan untuk pusat kegiatan mahasiswa terpadu.
h) Satu unit gedung seluas 1410 m² berlantai dua dipergunakan untuk kegiatan perkuliahan dan laboratorium Jurusan THP
i) Tujuh belas unit bangunan seluas 2.700 m² untuk ruang kuliah .
j) Satu unit bangunan seluas 45 m² untuk gudang.
k) Satu unit bangunan seluas 84 m² untuk kantor UKM.
l) Satu unit bangunan seluas 110 m² untuk Laboraturium Bahasa.
m) Satu unit kantin seluas 170 m².
n) Dua line lapangan tenis seluas 3000 m², satu unit tribun dan kantin 2 seluas 270 m².
o) Dua unit lapangan Bola Volley.
p) Satu unit bangunan Masjid seluas 148 m².

C. Pengembangan Fisik

Pengemabangan fisik kampus bertujuan menyediakan wadah untuk semua kegiatan dalam kampus yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang akan tercapai. Oleh karena itu pengemabangan fisik kampus Universitas Widya Dharma Klaten diharapkan mampu mewadahi seluruh kegiatan penyelenggaraan dan pengembangan akademik, sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai dengan baik. Pada saat ini telah selesai dibangun seluas ± 1000 m² yang akn digunakan untuk ruang kuliah. Perkembangan fisik tersebut dapat dilihat pada proyeksi pengembangan tanah dan bangunan sebagai berikut:

Pengembangan Kampus Tahuun 2000-2004
No
Jenis
Th 2000
Th 2001
Th 2002
Th 2003
Th 2004
1
Tanah Kampus
25755
25755
25755
25755
30000
2
Tanah Perumahan
-
-
-
-
5000
3
Pemb. Gedung Adm.
-
-
-
-
1000
4
Gd F. Tek.Pert & PPs
1500
1500
1500
1500
1500
5
Gd F. Psi & Teknik
-
-
1350
1350
1350
6
Gd F MIPA & Sastra
-
-
-
1500
1500
Keterangan : Satuan dalam m²

SUMBER  :

http://unwidhaklatenjateng.blogspot.com/p/fasilitas.html






1 komentar: